Modal Awal Membuka Usaha Pembayaran PPOB

Usaha Pembayaran

Bisnis pembayaran PPOB (Payment Point Online Bank) boleh dikatakan sebuah bisnis dengan modal kecil yang untunya cukup menjanjikan. Apalagi jika loket pembayaran PPOB ini digabungkan dengan outlet bisnis lain yang sudah ada, maka modalnya akan semakin hemat.

Perhitungan Modal Awal Membuka Usaha Pembayaran PPOB

Mari kita coba menghitung berapa besaran kebutuhan modal awal yang harus disediakan untuk memulai Usaha Pembayaran PPOB ini.

Perlengkapan
Jumlah Uang
Komputer/Laptop 1 unit1.500.000
Modem internet200.000
Printer 1 unit350.000
Meja dan kursi250.000
Pendaftaran dan Deposit awal500.000
Sewa tempat 1 tahun2.000.000
Total Modal AwalRp 4.800.000

Keterangan :

  1. Komputer/Laptop bisa beli second yang penting spesifikasinya standar memenuhi syarat untuk akses internet minimal pentium 4.
  2. Modem internet menggunakan modem portable untuk menghemat biaya.
  3. Printer bisa menggunakan jenis dotmatrik atau inkjet.
  4. Modal untuk peralatan meja kursi dan sewa tempat bisa dihilangkan dari perhitungan, jika loket pembayaran online ini digabung dengan outlet bisnis yang lain. Maka perkiraan modal yang dibutuhkan menyusut menjadi Rp. 2.550.000,-
  5. Biaya pendaftaran, digunakan untuk biaya administrasi pendaftaran, Namun jika anda daftar menjadi mitra kami PPOB BANK BTN daftar gratis, jadi biaya pendaftaran bisa untuk menambah saldo deposit anda. Untuk info pendaftaran silahkan klik disini

Perhitungan Bianya Operasional Bisnis Pembayaran PPOB

Sebelum menghitung perkiraan keuntungan yang bisa diperoleh dari Usaha Pembayaran PPOB ini setiap bulannya, maka terlebih dulu kita hitung berapa perkiraan pengeluaran bulanannya.

Perhitungan Pengeluaran Bisnis Pembayaran Online (1 bulan)

PengeluaranJumalah Uang
Biaya internetRp 100.000
Biaya ListrikRp 100.000
Kertas struk dan pita printerRp 75.000
Gaji karyawan (2 orang)Rp 2.000.000
Total PengeluaranRp 2.275.000

Keterangan :

  1. Biaya internet tergantung dari operator masing-masing, Lebih hemat jika menggunakan sistem quota bulanan.
  2. Jika loket pembayaran online ini digabung dengan outlet bisnis yang lain, maka biaya listrik dan gaji karyawan bisa dihilangkan dari perhitungan. Sehingga pengeluaran bulanannya bisa menyusut menjadi hanya Rp. 175.000,- saja.

Perhitungan Laba Kotor Bisnis Pembayaran PPOB

Untuk menghitung laba kotor, dengan cara menghitung item transaksi, pada bisnis pembayaran PPOB ini lebih mudah dan jelas dibandingkan dengan menghitung dengan cara menghitung nominal transaksi. Karena keutungan dari bisnis ini dihitung pertransaksi, yaitu antara Rp. 1.000 – Rp. 2.000 (tergantung perusahaan/ bank penyelenggara pembayaran online).

Jika dalam perhari ada 100 item transaksi ( bukan jumlah konsumen, karena satu konsumen bisa melakukan lebih dari 1 transaksi. Misal : bayar tagihan listrik, air minum, tambah tagihan telepon. Bahkan bisa juga untuk pembayaran angsuran kredit/ leasing kendaraan bermotor dll.) Maka 1 bulan ada sekitar 3.000 item transaksi, sehingga bisa diperoleh laba kotor Rp. 4.500.000,- (asumsi komisi Rp. 1.500,- pertransaksi)
Dalam satu bulan akan diperoleh laba bersih :

Jika loket pembayaran PPOB berdiri sendiri
Rp. 4.500.000, – Rp. 2.275.000, = Rp. 2.225.000,

Jika loket pembayaran PPOB digabung dengan outlet bisnis lain
Rp. 4.500.000, – Rp. 175.000,- = Rp. 4.325.000,

Sebuah penghasilan yang yang cukuplumayan kan?!  Tapi mohon diperhatikan, perhitungan laba bersih diatas diasumsikan dijalankan oleh 2 orang karyawan. Kalau bisnis pembayaran online ini dijalankan sendiri, tentu biaya gaji karyawan bisa dihilangkan.

Memang usaha pembayaran PPOB terkadang dengan persyaratan yang sulit dan biaya yang mahal, Tapi jika anda bergabung bersama kami PPOB BANK BTN ada tidak akan dikenakan biaya sepeserpun dan prosesnya pendaftaranya sangat mudah bahkan dari rumahpun bisa anda cukup mengisi form pendaftaran secara online, untuk info pendaftaran bisa klik disini.

baca juga : Tips Memilih Penyedia layanan Usaha Pembayaran PPOB

Tags: bayar BPJS Kesehatan bayar listrik bayar pdam bayar Samsat Jatim bayar telepon bener-ppob ppob bank btn

Posting Terkait "Modal Awal Membuka Usaha Pembayaran PPOB"

Cara Agar Loket PPOB Ramai Pelanggan
Cara Agar Loket PPOB Ramai Pelanggan -
Loket Pembayaran PPOB, Solusi Tepat Usaha Desa
Loket Pembayaran PPOB, Solusi Tepat Usaha Desa
Modal Usaha Pembayaran Listrik Online
Bisnis PPOB adalah singkatan Payment Point Online
Keuntungan Bisnis Loket Pembayaran Online
Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank) memiliki